Tips Mengatasi Troubleshooting Hardware Pada Komputer

Troubleshooting merupakan terjadinya masalah pada kinerja dari sebuah komputer. Sementara, dalam bahasa Indonesia, Troubleshooting lebih dikenal dengan masalah yang terbagi menjadi 2 yaitu, troubleshooting pada hardware dan troubleshooting pada software.

Sementara itu, salah satu tanda bahwa komputer mengalami Troubleshooting yaitu komputer yang tidak bisa menyala, monitor mati dan lain sebagainya. Sedangkan untuk troubleshooting pada software di tandai dengan lambatnya performa sistem komputer dan lain sebagainya.

Namun jangan khawatir jika anda mengalami Troubleshooting, karena kita akan memberikan cara untuk mengatasinya, berikut di bawah ini :

– Periksa keadaan power supply dan pastikan bahwa power supply bekerja dengan baik, karena power supply merupakan tempat penampungan aliran listrik sebelum dialirkan ke hardware-hardware yang ada di komputer. Periksa juga semua kabel power supply yang terhubung dengan hardware komputer, pastikan bahwa kabel tersebut sudah terpasang dengan baik dan benar.

– Kemudian pastikan komponen-komponen komputer sudah terpasang dengan benar, pastikan bahwa semuanya terpasang dengan kencang dan tidak kendor.

– Pastikan kabel VGA yang menghubungkan komputer dengan monitor sudah terppasang dengan benar dan tidak kencang.

– Dan periksa berdasarkan analisa suara yang dikeluarkan oleh komponen speaker komputer dengan kode sebagai berikut :

Bunyi ‘beep’ pendek 1 kali berarti sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.
Bunyi ‘beep’ pendek 2 kali berarti ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS.
Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 1 kali berarti ada masalah pada Motherboard atau DRAM.
Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 2 kali berarti ada masalah pada monitor atau VGA Card.
Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 3 kali berarti ada masalah pada Keyboard.
Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 9 kali berarti ada masalah pada ROM BIOS.
Bunyi ‘beep’ panjang terus-menerus berarti ada masalah di DRAM.
Bunyi ‘beep’ pendek terus-menerus berarti ada masalah penerimaan tegangan (power).

Namun terdapat merk motherboard yang jika suhu procesornya terlalu panas maka akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali. Sehingga kemungkinan akan ada pernedaan pada bunyi Beep pada setiap merk motherboard. Tetapi meskipun begitu, tidak ada salahnya bagi anda mencoba mengikuti keterangan bunyi Beep diatas tadi.

Hardware Pendeteksian Masalah :
– Motherboard.
– Power Supply.
– RAM.
– Speaker.
– VGA Card + Monitor.
– Keyboard.
– Card I/O.
– Disk Drive.

Cara cepat dan mudah menganalisa troubleshooting

Jika ada masalah komputer yang disertai dengan sistem yang masih menampilkan pesan eror pada layar monitor dan bahkan disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan permasalahannya terletak pada keyboard, Card I/O dan disk drive.

Jika komputer mengalami masalah yang disertai dengan mengeluarkan kode bunyi beep lebih dari dua kali maka kemungkinan masalahnya terletak pada komponen RAM, VGA Card dan Monitor.

Jika komputer mengalami masalah yang disertai dengan pesan pada layar monitor maupun kode bunyi beep maka kemungkinan besar masalahnya terletak di power supply dan motherboard.

Kemudian tahap pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menganalisa terlebih dahulu pada bagian manakah troubleshooting hardware komputer tersebut. Lalu anda bisa mencabut atau melepaskan hardware yang menurut anda mengalami troubleshooting. Kemudian pasang kembali dan jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu hardware tersebut, pastikan bahwa tidak ada kelonggaran ketika memasang hardwarenya.

Sedangkan jika terdapat beberapa troubleshooting yang tidak bisa ditemukan, maka sebaiknya anda membawanya ke toko service komputer saja.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI