Tips Mengatasi Black Screen Pada Windows 8 & 8.1

Sebagian dari anda yang menggunakan Windows 8 atau 8.1 mungkin pernah ada yang mengalami masalah berupa Black Screen. Dimana ketika anda pertama kali menghidupkan komputer atau laptop atau ketika komputer setelah direstart, kemudian tiba-tiba saja tampilan layar menjadi hitam.

Masalah ini tentu saja cukup membingungkan, karena pada layar komputer atau laptop anda hanya menampilkan kursor mouse saja dan tidak dapat menampilkan apapun. Sebenarnya, masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu mungkin karena anda baru saja menginstall suatu aplikasi yang tidak sesuai, driver graphic card tidak compatible atau karena anda baru saja mengupdate Windows 8 ke Windows 8.1.

Dan untuk mengatasi masalah black screen pada windows 8 maupun 8.1 tersebut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, diantaranya sebagai berikut :

Cara Pertama yaitu dengan menguninstall atau mengupdate Windows yang bermasalah.

Jika masalah black screen pada layar komputer atau laptop anda terjadi setelah anda baru menginstall aplikasi atau karena baru saja menerima update Windows versi terbaru secara online. Maka sebaiknya uninstall aplikasi atau update yang bermasalah tersebut dengan cara dibawah ini :
1. Nyalakan komputer atau laptop anda, lalu kemudian login ke Windows sebagai Administrator dan tunggu hingga layarnya hitam.
2. Tekan tombol CTRL+ALT+DEL pada keyboard, lalu kemudian pilih Task Manager.
3. Klik More details jika anda menggunakan Windows 8.1
4. Pilih menu File > Run new task dan ketik appwiz.cpl pada kotak dialog Create new task.
5. Lalu kemudian akan muncul tampilan programs and features, silahkan cari aplikasi yang baru saja anda install dan yang menurut anda menjadi masalah.
6. Sementara jika anda ingin menghapus update Windows, maka pilih menu View Installed Update, kemudian cari dan klik kanan untuk menguninstall update windows terbaru yang bermasalah tersebut.
7. Lalu kembali ke Task Manager
8. Dan buka lagi menu File > Run new task lalu ketik shutdown/r pada kotak dialog Create new tas. Lalu klik OK dan kemudian komputer atau laptop anda akan restart.

Sementara, dalam beberapa kasus, beberapa aplikasi seperti Start Is Back dan Lucid Virtu MVP, serta update windows 8 atau 8.1 terbaru seperti KB2982791 memang kadang-kadang membuat Windows bermasalah.

Cara kedua yaitu dengan Menonaktifkan App Readiness

Jika Black Screen ini terjadi setelah komputer anda direstart, hibernate atau logout. Maka cara ini bisa anda lakukan.
1. Pada tampilan black screen, coba tunggu selama 5 hingga 10 menit, dan biasanya kemudian akan muncul sendiri tampilan desktop atau start screen windows 8.1 pada komputer.
2. Setelah masuk ke tampilan desktop atau start screen, maka tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del lalu pilih Task Manager.
3. Kemudian pada tampilan Task Manager, pilih Tab service dan hilangkan centang pada pilihan App Readiness.
4. Dan restart ulang komputer anda, lalu lihat hasilnya.

Cara yang ketiga yaitu dengan Mengembalikan Driver Adapter

Masalah umum yang sering terjadi pada driver adapter komputer maupun laptop yaitu ketidakcocokan dengan Windows 8 atau update terbaru Windows 8.1. Oleh karena itu, cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara mendisable sementara driver adapternya atau mengembalikan driver lama dengan roll back.
1. Silahkan masuk ke Safe Mode, Dengan cara berikut ini :
– Pada tampilan black screen, tekan tombol Shift + F8 pada keyboard selama beberapa detik hingga tampilan Choose an Option muncul.
– Kemudian pada tampilan Choose an Option, pilih pengaturan Troubleshoot > Advanced > Options > Startup Setting > Restart.
– Ketika proses restart sedang berjalan, segera tekan tombol keyboard F4 untuk masuk ke Save Mode.
2. Setelah komputer Windows masuk ke save mode, silahkan login sebagai Administrator, lalu kemudian ke Control Panel > System > Device Manager.
3. Sementara pada halaman Device Manager, pilih menu Display adapter lalu cari dan klik kanan driver komputer, dalam soal ini, salah satu contohnya yaitu Mobile InterĀ® 965, Lalu Disable. Sementara jika driver adapter lebih dari satu maka sebaiknya disable saja semuanya. Namun perlu diingat, jika masalah black screen ini terjadi setelah anda baru saja menginstall update Windows 8 maupun windows 8.1, maka tidak perlu di disable, melainkan anda hanya harus melakukan role back dengan memilih menu Properties, kemudian setelah itu pilih Tab Driver dan klik tombol Roll Back Driver.
4.Jika sudah selesai, maka coba restart ulang komputer anda. Namun perlu diingat, jika cara ini berhasil, maka setelah itu anda harus tetap melakukan update driver adapter terbaru sesuai dengan jenis hardware komputer maupun laptop.

Cara keempat yaitu dengan Menginstall Patch Windows

Hal ini karena Microsoft sendiri memang pernah merilis sebuah patch untuk mengatasi masalah black screen di windows 8. Patch tersebut yaitu update KB2756872. Maka dari itu, cobalah menginstall patch tersebut.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI