Pengertian Dan Fungsi DNS

Domain Name System atau DNS merupakan sebuah system informasi dari nama domain dan nama host tersimppan dalam bentuk database. Dimana DNS nantinya akan memberikan alamat IP Address ada setiap host dan domain. Atau dapat disimpulkan bahwa DNS merupakan sebuah nama yang digunakan untuk mentransmisikan alamat IP Server. Atau dalam artian lain DNS akan merubah alamat IP menjadi sebuah nama domain. Contohnya seperti www.google.co.id, www.facebook.com dan lain sebagainya.

Fungsi DNS
Sementara, DNS sendiri memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna dalam menghafal dan mengakses alamat web server tertentu. Karena jika menghafal setiap IP Address dari web server tertentu, maka seseorang akan merasa kesulitan. Misalnya seperti pada google.com, dimana google.com ini memiliki IP Address 74.125.200.101. Dengan begitu maka seseorang akan lebih mudah untuk menghafal nama domain google.com dari pada IP Addressnya.

Selain itu, DNS juga digunakan layanan nama domain untuk menyelesaikan permintaan nama-nama website menjadi alamat IP dengan tujuan untuk menemukan layanan komputer serta perangkat diseluruh dunia.

Sementara menurut Blogger Ecgallery, sebelum DNS digunakan, jaringan komputer awalnya menggunakan HOSTS Files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP Addressnya. Di internet, file tersebut dikelola secara terpusat dan disetiap lokasi harus dicopy versi terbaru dari HOSTS files, dan dari sinilah terbayang betapa repotnya jika ada penambahan satu komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi.

Namun dengan perkembangan jaringan internet, hal tersebut akan merepotkan, dengan begitu maka diciptakanlah sebuah solusi, dimana DNS didesain untuk menggantikan fungsi HOSTS files, tentunya dengan kelebihan yang unlimited database size dan performa yang baik.

Prinsip dasar DNS
DNS ini digunakan sebagai mesin pencari nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Biasanya, DNS digunakan pada aplikasi-aplikasi tertentu yang terhubung dengan jaringan internet seperti Web browser dan web mail, dimana DNS akan membantu user dalam memetakan host name sebuah komputer ke IP Address.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI