Media Penyebaran Virus

Perlu kita ketahui, bahwa Virus komputer tidak akan langsung berada pada komputer, namun virus menyebar dari komputer satu ke komputer lainnya melalui suatu media. Maka dari itu, jika komputer kita terpasang media yang mengandung virus, maka kemungkinan besar, virus tersebut juga akan masuk dan menginfeksi komputer kita sendiri. Sedangkan jika flashdisk di tancapkan ke komputer yang sudah mengandung virus, maka flashdisk tersebut juga akan terkena virus dari komputer tersebut.

Flashdisk sendiri dianggap menjadi media penyebaran virus yang paling rawan karena sering berpindah-pindah dari satu komputer ke komputer lainnya, yang kemungkinan salah satu komputer yang pernah dicolokkan flashdisk tersebut sudah mengandung virus didalamnya.

Namun sebenarnya penyebaran virus komputer, bukan hanya melalui flashdisk saja akan tetapi masih banyak lagi. Dan diantaranya sebagai berikut :

– Media penyimpanan
Media penyimpanan berupa Flashdisk, hardisk external, disket serta SDcard merupakan media penyimpanan yang paling rawan terkena virus. Karena mengingat fungsinya yang berguna untuk menyimpan suatu data, namun apa jadinya jika yang tersimpan didalamnya hanyalah virus.

Dan biasanya, media ini terkena virus karena sudah pernah dicolokan ke komputer yang sudah terinfeksi virus. Namun jangan khawatir, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan antivirus komputer dan melakukan scan otomatis setiap ada flashdisk yang terhubung ke komputer anda.

– Internet
Sekarang ini, semua orang menggunakan internet dan hal itu juga yang menjadikan internet sebagai tempat bersarangnya berbagai macam virus maupun script yang berbahaya. Sementara, rata-rata virus komputer di internet ini memiliki tugas untuk mengambil data pribadi anda termasuk password dan informasi pribadi anda. Namun jangan khawatir karena biasanya, browser akan memblokir secara otomatis jika terdapat aktivitas yang tidak wajar. Selain itu, virus komputer di internet juga dapat menipu, misalnya seperti tombol download yang berlebihan padahal sebenarnya itu hanyalah ikan dan virus.

– Jaringan LAN, WAN, dan WiFi
Perlu anda ketahui, bahwa Wi-Fi juga sebenarnya termasuk dalam jenis jaringan LAN atau Local Area Network. LAN sendiri berfungsi sebagai penghubung antara komputer yang satu dengan komputer lainnya untuk berbagi file dengan cepat sehingga masing-masing komputer yang telah terhubung pada jaringan LAN yang sama dapat melihat atau mengcopy file yang di share oleh masing-masing komputer yang telah terhubung. Sehingga mereka juga bisa saja memasukkan file atau virus ke komputer lain tanpa kita ketahui.

– E-mail
Mengingat semakin majunya teknologi seperti sekarang ini, maka semakin banyak juga provider email seperti Yahoo, Google dan masih banyak lagi. Dan E-mail sendiri merupakan salah satu media penyebaran virus komputer, karena umumnya pada email terdapat fasilitas yang bernama file attachment atau menyisipkan file, dan fasilitas itulah yang biasanya digunakan sebagai penyebaran virus.
Dan cara penyebarannya sendiri yaitu dengan cara, jika seseorang membuat email dan menyisipkan virus di dalam email tersebut lalu kemudian emai tersebut dikirim ke orang lain, maka jika orang yang menerima email tersebut mengambil dan membuka attachemet dengan isi virus yang ada didalam email tersebut maka virus tersebut akan langsung menyerang komputernya dari attachement tersebut. Tetapi jangan khawatir, karena provider sekarang ini biasanya akan memasukkan email yang mencurigakan ke dalam foldel spam sehingga tidak bisa dibuka oleh penerimanya.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI