Masalah Yang Sering Terjadi Di Gmail & Cara Mengatasinya

Gmail merupakan salah satu situs layanan pesan elektronik terbesar didunia. Hal tersebut ditunjukan dengan data pada tahun 2016 yang penggunanya mencapai 1 miliar pengguna aktif. Tetapi, meskipun dinaungi oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia yaitu Google, bukan berarti Gmail tidak pernah mengalami masalah.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa masalah yang sering terjadi di Gmail & sekaligus cara mengatasinya :
1. Gmail Tidak Bisa Dibuka
Jika Gmail tidak bisa dibuka atau anda tidak bisa mengirim maupun menerima email, coba masuk ke link ini https://www.google.com/appsstatus#hl=en&v=issue&sid=26&iid=b9b9b632fed3ddf35816a177e9c6d1d4 . Di mana situs tersebut akan membantu anda dalam mengetahui apakah layanan Google bermasalah atau tidak.

Jika terdapat lampu indikator yang berwarna hijau, maka itu berarti layanan tersebut berjalan dengan baik. Sedangkan jika lampu indikator berwarna orange, maka berarti layanan tersebut sedang mengalami masalah.

2. Lupa Password Gmail
Ini adalah salah satu masalah yang sering terjadi oleh pengguna Gmail, yaitu lupa email dan juga passwordnya. Tetapi jangan khawatir karena Google sendiri memiliki banyak cara yang bisa digunakan ketika anda lupa email dan password akun Gmail anda. Dan yang paling krusial yaitu dengan selalu mengisi isi kontak alternative pada akun Google anda.

Untuk caranya sendiri yaitu dengan mengklik profile picture dipojok kanan atas pada situs Google, kemudian klik My account atau akun saya. Llau klik Signing in to Google. Scrool ke bawah hingga menemukan kolom Recovery Email, Recovery Phone serta Security Question dan isi semuanya.

Hal tersebut dilakukan supaya anda bisa meminta pengganti password melalui pilihan recovery yang sudah anda isi. Tetapi jika anda sudah terlanjur lupa dengan password anda maka anda bisa memilih Forgot Email ketika akan log in. Dan kemudian ikuti langkah-langkahnya sesuai arahan Google.

3. Gmail 2-step Verification
2 Step Verivication merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi akun Gmail anda dari serangan para hacker. Karena dengan cara ini, anda akan selalu dikirimkan password tambahan melalui SMS. Tetapi yang sering terjadi malah justru password tersebut tidak masuk ke SMS anda ketika anda ingin masuk ke Gmail.

Cara untuk mengatasinya yaitu, pertama-tama yang harus diperhatikan yaitu sinyal anda. Karena meskipun anda sedang berada ditempat yang sinyal Wifinya kuat namun sinyal SMS lemah maka itu akan percuma.

Sementara jika anda tidak menerima SMS juga, maka anda bisa mendownload aplikai Google Authenticator. Dimana aplikasi tersebut akan meminta anda untuk memilih salah satu dari beberapa cara memverifikasi akun.

Sedangkan cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan QR Code. Dimana ketika anda ingin log in ke Gmail pada layar komputer akan muncul QR Code dan kemudian scan melalui aplikasi tersebut.

4. Sinkronisasi Google di Android
Yang sering terjadi yaitu, sering kali anda gagal mensinkronisasi akun Google ke HP. Dan untuk mengatasinya yaitu simak beberapa cara di bawah ini :
– Selalu update aplikasi Gmail di HP anda.
– Restart HP anda, meskipun cara ini classic namun terkadang juga berhasil
– Pastikan bahwa sinyal internet kuat.
– Pastikan pilihan sinkronisasi di HP anda dalam keadaan hidup. Meskipun anda sudah memastikannya jika tombol tersebut hidup, namun mungkin saja anda secara tidak sengaja pernah menonaktifkannya.
– Bersihkan data Gmail di HP anda dengan cara ke Settings > App & Notifications > App Info > Gmail > Storage > Clear Data. Kemudian Restart HP anda.

5. Pesan yang Hilang di Gmail
Dan masalah ini juga sering terjadi pada pengguna Gmail, dimana pesan yang berada di akun Gmail seseorang bisa menghilang. Dan untuk mengatasinya, coba periksa Folder Trash terlebih dahulu, karena bisa saja secara tidak sadar anda menekan tombol delete.

Sedangkan jika tidak ada, maka bisa jadi anda secara tidak sengaja meng-archive email tersebut. Anda bisa mengaksesnya kembali dengan cara klik More kemudian lihat di folder All Mail.

Tetapi jika masalahnya teman anda mengirim email namun tidak masuk kea kun Gmail anda, maka cobalah periksa di folder Spam. Karena bisa saja pihak Google mengira bahwa email dari teman anda merupakan email yang tidak penting.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI