komputer All in One (AiO PC)

Seringkali kita bingung ketika akan membeli sebuah perangkat komputer desktop atau laptop. Dengan bentuk fisik komputer PC yang besar memang susah dibawah kemana-mana dan butuh tempat yang lumayan, namun soal performa PC memang lebih baik dari pada sebuah laptop. Meskipun sebenarnya laptop juga memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki komputer desktop atau PC.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya para produsen komputer menjawab kebingungan kita. Dimana saat ini mereka menciptakan versi komputer yang bentuknya merupakan gabungan antara komputer desktop dan laptop. Versi komputer tersebut bernama All In One (AiO PC).

Sebenarnya, keberadaan komputer All in One ini sudah lama, namun karena ketenarannya sampai sekarang tidak dapat mengalahkan notebook maka orang-orang banyak yang belum mengetahuinya. Untuk itulah kali ini kita akan memberikan penjelasan mengenai komputer All in One beserta dengan Kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Komputer All in One (AiO PC)
Umumnya, komputer desktop terdiri dari tiga bagian yaitu monitor, input device seperti keyboard dan mouse dan juga mesin utama seperti CPU, RAM, Motherboard, VGA dan lainnya. Bagian-bagian tersebut diletakkan secara terpisah dan supaya dapat digunakan maka harus dihubungkan dengan kabel, walaupun sekarang ini sudah ada keyboard dan mouse wireless.

Sedangkan komputer All in One ini didesain lebih simple. Dimana komponen utamnya dijadikan satu dalam casing monitor atau berada di belakang layar. Sehingga komputer All in One ini lebih portable, lebih kecil dan praktis tanpa mengurangi performa sebagai komputer kerja.

Komputer All in One ini biasanya menggunakan layar Flat. Bahkan beberapa produk terbaru sudah menggunakan layar yang lebih tipis. Walaupun tipis, layar ini juga didukung dengan spesifikasi yang tinggi, fiturnya juga bertambah, misalnya seperti bisa dioperasikan touchscreen alias layar sentuh sehingga tidak harus menggunakan keyboard dan mouse.

Kelebihan komputer All in One
– Hemat ruang karena beberapa komponennya disatukan dan didesain lebih kecil.
– Ringan dan mudah dipindahkan. Karena selain komponen hardwarenya diperkecil, juga karena menyatu sehingga tidak ribet oleh kabel.
– Banyak pilihan dan mudah digunakan. Ditambah lagi dengan adanya fitur touchscreen maka semakin menjadikan AiO PC lebih nyaman digunakan.
– Kinerjanya tidak jauh berbeda dengan komputer desktop, sehingga sangat cocok digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

Kekurangan komputer All in One
– Jika komputer bisa di upgrade per komponenya untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Maka AiO PC ini tidak bisa, karena komponennya menyatu. Dan jika bisa, biasanya hanya memory dan harddisknya saja. Sedangkan motherboard dan processornya tidak.
– Cepat panas jika digunakan untuk hal-hal berat seperti main game. Hal tersebut dipengaruhi oleh cassing All in One PC yang lebih kecil sehingga dibagian dalamnya tidak terlalu lega.
– Harganya mahal jika dibandingkan dengan harga PC Desktop walaupun spesifikasinya sama.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI