Kelebihan & Kekurangan Antivirus Windows Defender

Walaupun Windows Defender sudah cukup sebagai antivirus untuk Windows 10, namun disisi lain, windows defender juga memiliki kekurangan. Oleh karena itulah sebagian orang tetap merasa perlu memasang antivirus lain untuk mengamankan data pentingnya.

Sementara jika komputer yang anda gunakan baik-baik saja, maka anda tidak butuh antivirus tambahan dari pihak ketiga. Namun sebaliknya, jika komputer digunakan untuk hal yang ekstrim maka silahkan saja install antivirus tambahan yang berkualitas dan biasanya berbayar untuk mendapatkan fitur yang lengkap dan juga tidak menjadi beban buat komputer anda sendiri.

Bagi anda yang merasa perlu menggunakan Windows Defender, mungkin anda penasaran dengan keunggulan dan kelemahan antivirus bawaan atau built-in sistem operasi Windows 10 ini. Dan berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Windows Defender :

Kelebihan Windows Defender

1. Selalu aktif dan memberi peringatan
Kelebihan yang pertama yaitu, Windows Defender ini selalu aktif. Dimana ketika anda mencolokkan Flasdisk atau browsing ke situs yang dicurigai berbahaya maka akan secara otomatis Windows Defender memberikan peringatan bahwa ditemukan adanya virus dan malware yang bisa merusak sistem komputer.

2. Membersihkan secara maksimal
Windows Defender ini bisa membersihkan virus secara menyeluruh dan maksimal. Jika dibandingkan dengan antivirus pihak ketiga yang biasanya langsung bersama filenya maka windows defender ini hanya mengeksekusi pada virusnya saja, sehingga file tetap aman dan tidak akan hilang.

3. Windows Defender akan meminta restart jika menemukan virus berbahaya
Dan jika Windows Defender menemukan virus atau malware yang berbahaya maka sudah pasti akan dibasmi. Namun jika jenis virusnya terbilang sangat berbahaya maka kemungkinan akan tetap muncul lagi dan lagi. Dalam keadaan seperti ini, Windows defender akan secara otomatis meminta untuk merestart komputer dan ketika menyala kembali maka virusnya akan hilang atau bersih.

Kekurangan Windows Defender

1. Tidak terlalu teliti
Scan menggunakan Windows Defender sendiri ada dua pilihan yaitu quick dan full. Quick scan merupakan scanning cepat namun akan memaksa komputer bekerja lebih berat. Sedangkan Full scan merupakan scanning penuh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Disinilah letak kelemahan Windows Defender ini yang terkjadang kedua cara tersebut tidak terlalu teliti sehingga virus kecil dapat terlewati.

2. Dapat menurunkan kinerja komputer jika install antivirus tambahan
Biasanya, satu software saja sudah menghabiskan kapasitas RAM yang banyak, apalagi jika lebih dari satu, maka sudah pasti akan membuat komputer menjadi lambat akibat performanya menurun. Untuk itu, jika anda menggunakan komputer untuk aktivitas yang biasa saja, maka saya rasa sudah cukup untuk menggunakan satu antivirus saja yaitu Windows Defender. Tidak perlu antivirus tambahan lagi dari pihak ketiga.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI