Dampak Radiasi Laptop Terhadap Tubuh & Cara Mengatasinya

Dalam menggunakan sebuah perangkat laptop, selain memanfaatkan perangkat tersebut untuk berbagai macam pekerjaan, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu berkaitan dengan pengguna, terutama mengenai radiasi yang di timbulkan oleh laptop serta dampaknya bagi kesehatan tubuh.

Perlu diketahui bersama bahwa Laptop juga merupakan salah satu perangkat elektronik yang dapat memancarkan radiasi elektromagnetik. Dan kadar serta tingkat pancaran radiasi sinar elektromagnetik pada setiap perangkat elektronik juga berbeda-beda atau tergantung pada jenis perangkat.

Dan di era modern seperti sekarang ini, sudah banyak laptop yang didukung oleh perangkat Wifi didalamnya. Walaupun sebenarnya merupakan perangkat yang sangat berguna bagi setiap pengguna laptop, namun terdapat sisi negative dari Wifi, yaitu gelombang yang dipancarkan dapat menggangu kesehatan tubuh.

Dan berikut dibawah ini merupakan beberapa dampak dari radiasi laptop pada tubuh manusia dan juga sekaligus cara mengatasinya :
1. Panas dari laptop dapat mempengaruhi kesuburan
Selain menimbulkan rasa panas, Percaya atau tidak bahwa menggunakan laptop di atas paha akan menyebabkan penyakit kulit, karena panas yang berlebihan pada laptop akan menimbulkan radiasi dan kemudian akan mengganggu kesehatan tubuh.

Selain itu, pengaruh buruk lainnya yaitu berkurangnya tingkat kesuburan, baik pada laki-laki maupun perempuan. Untuk itulah sebaiknya hindari perilaku buruk tersebut dan gunakan laptop di atas meja, karena selain nyaman juga bebas dari pengaruh buruk yang akan berdampak pada tubuh kita.

2. Radiasi pada laptop dapat mempengaruhi kesehatan mata
Dalam menggunakan sebuah laptop, sebaiknya anda membatasinya supaya mata tidak terlalu lelah. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata ketika menggunakan laptop :
– Atur jarak antara mata dengan layar laptop, minimal sejauh 50 hingga 100 cm
– Pasang filter pada monitor laptop agar radiasi tidak sampai ke mata.
– Letakkan monitor sejajar dengan mata anda.
– Untuk warna pada layar monitor sebaiknya jangan terlalu terang, namun juga tidak terlalu gelap, karena monitor yang terlalu terang akan menyilaukan mata, sedangkan monitor yang terlalu gelap justru akan membuat mata cepat kering. Aturlah warna pada monitor sampai enak dipandang mata.
– Sesuaikan refresh rate pada monitor menjadi 75 htz
– Sering-sering mengedipkan mata ketika menggunakan laptop untuk bekerja maupun bermain game, karena hal tersebut dapat membantu mata menjadi lembab dan basah.
– Dan jika anda menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama, maka usahakan mengistirahatkan mata selama 15 menit supaya mata menjadi segar.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI