Cara Mereset Laptop Ke Pengaturan Pabrik

Mungkin sebagian dari anda berfikir untuk menyegarkan laptop anda dengan cara mengembalikan laptop ke pengaturan pabrik. Alasannya mungkin karena masalah performa laptop yang semakin melambat atau anda memiliki masalah dengan virus yang tidak bisa dihilangkan serta anda ingin menjual laptop dengan menghilangkan semua program, file, password dan semua informasi yang ada didalamnya.

Hal tersebut bisa dilakukan terutama jika anda membeli sebuah laptop dengan sistem operasi Windows 10, 8 dan 7 didalamnya. Namun untuk melakukannya memang tidak mudah, untuk itulah kami akan memberikan beberapa cara reset factory settings pada laptop :
1. Melakukan Reset Factory Settings pada laptop Windows 10
Pada laptop yang berbasis Windows 10 sendiri, proses reset factory settings bisa dilakukan dengan sangat mudah, karena versi ini menyediakan tools bawaan yang akan memudahkan anda dalam melakukannya. Caranya yaitu, buka Start Menu dan kemudian pilih Settings. Ketika laman sudah terbuka, ketik Reset pada kolom pencarian (Search) dan kemudian ppilih Reset This PC.

Sementara, didalam pilihan Recovery pada menu Update & Security, pilih Opsi Get Started untuk memulai proses reset factory settings. Kemudian selama proses berjalan, anda akan diberikan pilihan, apakah anda ingin menyimpan file tertentu maupun mereset secara total atau semua file akan terhapus.

2. Melakukan Reset Factory Settings pada laptop berbasis Windows 7 atau 8
Sebenarnya, langkah-langkah melakukan reset factory settings pada Windows 7 sendiri hampir sama dengan versi Windows sebelumnya. Namun Laptop dengan Windows 8 memiliki aplikasi recovery yang dapat di aktifkan dari dalam windows, sehingga anda harus terlebih dahulu memeriksanya.

Langkah pertama
Backup semua data yang anda butuhkan sebelum melakukan factory reset. Karena proses reset ke pengaturan pabrik akan menghapus semua file serta program yang sudah diinstall sejak pertama kali mengaktifkan laptop.

Langkah Kedua
Restart laptop Anda.

Langkah Ketiga
Selama proses restart berlangsung, siap-siap untuk menekan tombol F dengan kombinasi tertentu, karena setiap produsen laptop menyajikan kombinasi tombol yang berbeda. Dan berikut di antaranya :
• Dell/Alienware – F8
• Sony – F10
• Asus – F9
• HP – F11
• Acer – Alt + F10
• Samsung – F4
• Lenovo – F11
• MSI – F3
• Toshiba – tekan 0 (bukan numpad) ketika merestart, kemudian lepas tombol ketika logo Toshiba muncul.

Sedangkan jika kombinasi beberapa tombol di atas tidak bekerja, maka anda harus waspada. Periksa pesan didalam layar yang mungkin mengindikasikan kepada pengguna mengenai bagaimana memulai proses recovery. Selain itu, anda juga kemungkinan butuh memeriksa jika opsi recovery partition tersedia pada menu BIOS. Tetapi bisa jadi juga laptop anda tidak memiliki partisi recovery atau opsi tersebut sudah dihapus. Untuk itulah selalu periksa segala kemungkinan yang ada.

Langkah Keempat
Kemudian jika langkah ketiga sudah selesai, maka sebuah perintah akan muncul dan menjelaskan kepada pengguna tentang bagaimana proses reset factory settings. Namun perlu diketahui, bahwa setiap produsen laptop menggunakan software yang berbeda untuk merestorasi Disk Image dari Partisi Recovery.

Semua proses reset akan selalu berjalan otomatis, terutama jika anda sudah selesai mengkonfirmasi bahwa anda ingin memulai proses recovery. Namun anda setidaknya butuh waktu sekitar 30 menit sampai proses ini selesai. Beberapa proses akan merestorasi Windows terlebih dahulu lalu kemudian menginstall driver dan program secara otomatis ketika boot pertama kali dijalankan.

Tetapi jangan melakukan apapun terlebih dahulu sebelum semua proses telah selesai dan anda telah dinyatakan aman untuk menggunakan laptop.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI