5 Jenis Linux Ini Bisa Menggantikan Windows

Ketika mendengar kata Linux, yang terlintas dibenak kita pasti tentang Programer, Hacker mauun Geek, karena mengingat Linux merupakan jenis Operating System Open Source yang memang banyak digunakan oleh pakar IT atau Informasi Teknologi.

Linux memang masih belum familiar di masyarakat, berbeda dengan Windows maupun Macintosh yang memang sudah menjamur. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa jenis Linux yang dapat kita gunakan sehari-hari layaknya Windows. Bahkan jenis-jenis ini bisa dipertimbangkan sebagai alternatif pengganti Windows. Dan berikut di antaranya :

1. Ubuntu
Ubuntu memang sangat cocok untuk pengguna yang baru pertama kali ingin mencoba Linux. Interfacenya juga sangat nyaman dan mudah serta user friendly. Selain itu, untuk menemukan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan juga mudah, dimana anda hanya tingga mencari melalui aplikasi yang sudah disediakan Ubuntu, yaitu Ubuntu Software Center.

Kelebihan :
– Tampilan bagus
– Praktis dan mudah digunakan
Kekurangan :
– Menggunakan Resource yang cukup besar
– Butuh pembiasaan karena aplikasi yang tersedia tidak umum.

2. Lubuntu
Hampir sama dengan Ubuntu, namun Lubuntu ini sendiri cocok bagi anda yang memiliki PC atau Laptop dengan spesifikasi rendah. Jika Ubuntu menggunakan unity sebagai Guide User Interface, maka Lubuntu ini menggunakan LXDE Desktop yang sangat ringan pemakaian resourcenya. Cukup dengan processor sekelas platinum 4 maka anda sudah bisa menginstall Linux Lubuntu terbaru dikomputer.

Kelebihan :
– Memakai Resource yang sangat kecil
– Praktis dan mudah digunakan
Kekurangan :
– Tampilannya biasa saja
– Butuh pembiasaan karena aplikasi yang tersedia tidak umum.

3. Elementary OS
Linux Ubuntu rasa Macintosh adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Elementary OS. Bahkan banyak yang bilang jika Elementary OS ini justru lebih stabil dari pada Ubuntu. Karena memang Elementary OS ini merupakan turunan dari Ubuntu, jadi juga mirip seperti Ubuntu dan Lubuntu, hanya saja tampilannya benar-benar miri Macintosh.

Kelebihan :
– Tampilan bagus seperti Macintosh
– Sangat stabil berkat pengembangan lebih lanjut dari Ubuntu.
Kekurangan :
– Memakai Resource cukup besar
– Karena aplikasinya mayoritas didesain untuk Ubuntu maka banyak tampilan dari aplikasinya kurang begitu memuaskan.

4. Pear OS
Ini juga bisa dibilang Linux rasa Macintosh dan Pear OS ini sendiri diciptakan oleh programer asal Prancis. Pear OS memang sudah tidak diudate lagi namun untuk keperluan sehari-hari, Pear OS masih sangat layak untuk digunakan. Apalagi jika anda mau bergaya dan mementingkan desain tampilan yang elegan.

Kelebihan :
– Tampilan bagus seperti Macintosh
– Simpel dan User Friendly
Kekurangan :
– Memakai resource cukup besar
– Kurang stabil karena tidak ada pengembangan lebih lanjut.

5. Mangaka
Bagi anda penggemar anime, maka jenis Linux Mangaka ini wajib untuk dicoba. Karena jenis Linux ini tidak hanya memiliki tampilan bertama anime yang khas namun juga toolsnya pun sangat bermanfaat bagi para penggemar anime. Bahkan beberapa diantaranya juga bisa digunakan untuk melakukan fansubbing, fandubbing dan masih banyak lagi.

Kelebihan :
– Bertema anime
– Banyak aplikasi yang mendukung untuk editing anime.
Kekurangan :
– Memakai Resource cukup besar
– Support tidak sebaik Ubuntu yang memiliki banyak komunitas.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI