3 Cara Menonaktifkan Numlock Pada Keyboard Laptop

Keyboard laptop memang tidak menyertakan keypad numerik khusus pada sisi kanan keyboard seperti yang terdapat pada keyboard komputer desktop. Mungkin alasannya untuk menghemat ruang. Maka dari itu, jika anda ingin menggunakan keypad numerik pada keyboard laptop, maka anda harus terlebih dahulu mengaktifkan tombol NumLock.

Kunci NumLock pada keyboard laptop sendiri berfungsi untuk mengkonversi bagian dari keyboard utama yang berperan sebaigai keypad numerik dan bukan huruf. Dan jika diaktifkan, maka anda bisa menggunakan 7,8,9, uio, kunci jkl dan m sebagai keypad numerik.

Tetapi biasanya, sebagian dari mereka yang tidak menyadari kunci NumLock ini, sehingga hanya akan menyebabkan kebingungan ketika tidak sengaja di aktifkan. Misalnya seperti, ketika anda memasukkan sandi login Windown namun teryata itu salah.

Oleh karena itu, kami akan menunjukkan kepada anda tentang beberapa cara menonaktifkan NumLock pada keyboard laptop anda.

Cara Pertama Dengan Menggunakan Tombol Fn
Untuk menonaktifkan fitur NumLock, anda bisa melakukannya dengan menekan tombol Fn serta di kombinasikan dengan tombol lain. Namun hal tersebut tergantung dari model atau type laptop anda sendiri. Sementara jika Numlock di aktifkan, maka Indikator Numberlock akan menyala dan akan mati ketika Numlock dinonaktifkan.

Berikut dibawah ini adalah cara mudah mengaktifkan atau menonaktifkan NumLock :
Fn + F11 (Acer, Toshiba, Samsung)
Shift + Num Lock
Fn + Num Lock (Sony, Gateway)
Fn + F11 + Scroll lock
Fn + F8 (HP)
Ctrl + F11
Fn + Shift + Num Lock
Fn + F4 (Dell)
Fn + Nmlk (Lenovo, ASUS)
Kemudian setelah menekan tombol shortcut keyboard untuk mengaktifkan NumLock, maka tekan sekali lai untuk menonaktifkannya.

Cara Kedua Dengan Melalui Registry
Status kunci NumLock spesifik bagi setiap pengguna, dan NumLock dapat dinonaktifkan secara default. Dimana, jika anda ingin kunci NumLock di aktifkan, maka anda harus menggunakan Registry Editor untuk mengubah menjadi default terlebih dahulu sebelum anda menekan CTRL + ALT + DEL untuk Log On.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa langkah merubah nilai string registry untuk menonaktifkan NumLock :
1. Tekan Windows + R untuk membuka kontak Run. Kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Windows Registry Editor.
2. Pada Registry Editor, buka kunci registry sebagai berikut.
HKEY_USER/Default/Control Panel/Keyboard. Kemudian pada folder Keyboard anda harus memiliki nilai string bernama “InitialKeyboardIndicators” dengan nilai 0, 1, atau 2. Dimana input 1 yaitu untuk disable numlock. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa penjelasan masing-masing nilai diatas tadi :
– 0 = Num Lock OFF setelah logon.
– 1 = Disable NumLock.
– 2 = Num Lock AKTIF setelah logon.

Cara Ketiga Dengan Melalui BIOS
Caranya yaitu sebagai berikut :
1. Nyalakan komputer anda dan pastikan anda menekan tombol power, lalu setelah anda melihat layar POST booting awal, maka tekan tombol yang di tujuk untuk masuk ke Setup BIOS. Biasanya yaitu Key F2 atau Esc.
2. Lalu cari NumLock. NumLock Key, Boot Up NumLock Status dan pilih Off untuk menonaktifkan NumLock.
3. Dan simpan perubahan lalu keluar dari BIOS.

Kunjungi : TERIMA KOMPUTER BEKAS

BERBAGI